Banyak yang datang ketempat saya dan bertanya tentang tempat-tempat sablon kaos di jogja yang berkualitas, biasanya yang bertanya adalah para pendatang baru di dunia per-kaos-an. Ngomongin kualitas sablon kaos, tentu akan banyak standar berbeda yang dijadikan acuan penilaian. Mulai dari kerapihan sablon, ketepatan pencampuran warna, kelenturan dan daya tahan cat, bahkan bisa juga sampai waktu dan biaya yang diperlukan dalam setiap proses sablon kaos. Sebelum lebih jauh tentang sablon kaos berkualitas, sebaiknya dipahami dulu tentang hasil akhir dari produk yang ingin anda dapatkan.

Karakter tinta yang berbeda-beda, bisa menjadi alasan sebuah hasil sablon dikatakan berkualitas / tidak. Menurut pengalaman saya, beberapa konsumen dari luar jawa, cenderung lebih suka sablonan yang tebal dan tidak terlalu lentur, sedangkan konsumen di pulau jawa, biasanya menyukai tekstur sablon yang tipis dan lentur. Dari sini saja, sudah ada 2 perbedaan pendapat tentang sablon berkualitas, tergantung seperti apa produk yang anda inginkan.
Dari contoh tersebut, bisa diartikan bahwa kualitas sablonan itu bisa bersifat relatif ( tergantung selera ). Tapi, kualitas sablon bisa tidak terlalu jauh berbeda jika dilihat dari beberapa pertimbangan berikut ini

1.       Tingkat presisi antar warna

Untuk sablon yang terdiri dari beberapa warna, diperlukan proses pecah warna yang baik dan benar. Proses pecah warna ini nantinya akan mempengaruhi hasil akhir dari sablonan yang akan di kerjakan. Pada saat proses pecah warna, dilakukan proses seleksi warna, memberi outline pada setiap tumpukan warna hingga proses simulasi warna. Setelah proses simulasi warna selesai dan hasilnya sesuai keinginan proses afdruk dan cetak bisa dilaksanakan. Presisi antar warna akan terlihat setelah selesai pengerjaan, tapi proses mendapatkan hasil terbaik dimulai jauh sebelum proses sablon dimulai.


2.       Tingkat kemiripan pencampuran warna sablon dengan desain asli

Pencampuran warna ini penting banget dalam proses sablon, terutama untuk desain yang memerlukan warna-warna detail. Kesalahan dalam proses pencampuran warna, membuat sablon menjadi kurang riil, atau tidak sama dengan desain aslinya. Kesalahan akan sangat mudah terlihat pada proses sablon spot color/simulated color yang membutuhkan tone warna yang sesuai. Biasanya setiap vendor sablon menyediaan pantone warna untuk mendapatkan warna yg diinginkan

3.       Tingkat kerapihan pengerjaan

Kalo udah presisi dan warnanya sesuai, pengerjaannya juga harus rapih. Film-an di screen tidak boleh bocor-bocor, Cat yang turun ke kain jg tidak boleh meleber dan tekanan pada screen harus tepat agar hasil cetak maksimal. Hasil akhir sablonan harus tertutup sempurna dan bersih.


Sekarang ini, sablon kaos di jogja udah berkembang pesat, tidak kalah dengan kualitas sablon dengan kota-kota yang terkenal dengan produksi kaosnya yg berkualitas. Alat-alat sablon sudah beregenerasi menjadi lebih baik. Tinggal dari sisi konsumen yang lebih memahami tentang dunia sablon, karena untuk menghasilkan hasil sablon terbaik diperlukan komunikasi dan pemahaman diantara vendor dan konsumen. Vendor-vendor sablon di jogja sekarang banyak diisi oleh anak-anak muda yang tertarik oleh bidang kerja yang satu ini, pilihlah tempat sablon kaos berkualitas yang bisa memahami keinginan anda.(DK)